Tips Blogging : Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?

Bahasa indonesia vs Inggris - Blogging merupakan hal atau aktifitas yang sangat menyenangkan sebab selain menyenangkan hal itu bisa juga untuk menghasilkan uang. Untuk menghasilkan uang banyak dari bog atau website tentu saja anda membutuhkan banyak pengunjung, sedang banyaknya pengunjung tergantung bagaimana anda mengelola blog atau web anda dengan baik dan penerapan SEO pada blog atau web anda. Nah kali ini kita akan membahas blogging memakai bahasa Indonesia atau Bahasa Internasional yaitu Inggris, mana yang lebih baik?

Banyak pendapat yang berbeda perihal versi ini perihal penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris di blog atau web mereka. Dan saya hanya share sesuai dengan pendapat dan pengalaman saya sendiri perihal hal ini, sebab saya juga mengelola beberapa blog dari blogger dan wordpress yang berbahasa Indonesia dan inggris untuk blog dan web saya. Dan mengusut dari pengalaman saya tersebut berikut pembahasan mengenai penggunaan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di blog atau web:

 Blogging merupakan hal atau aktifitas yang sangat menyenangkan sebab selain menyenangkan Tips Blogging : Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?

Penggunaan blog berbahasa indonesia ibarat kita ketahui akan menghasilkan pengunjung atau user juga dari orang-orang yang mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia, kalaupun ada pengunjung dari luar hal itu bisa juga memakai translate bahasa atau mungkin juga pengunjung nyasar. Beberapa visitor lebih mungkin tiba mengunjungi blog atau web anda kalau mereka mempunyai kemampuan atau mengetahui bahasa Indonesia ataupun mempunyai kesamaan Bahasa yang hampir ibarat sebagai teladan saja bahasa melayu ibarat Malaysia, Singapura, Brunei dll.

Tingkat keyword masih memungkinkan untuk melaksanakan upaya SEO sebab persaingan untuk keyword berbahasa Indonesia umumnya lebih longgar daripada Keyword untuk berbahasa Internasional sepereti bahasa Inggris. Namun untuk menghasilkan uang blog berbahasa Indonesia masih kalah jauh dengan blog berbahasa Indonesia sebab umumnya Advertiser (pemasang iklan) Indonesia lebih murah, berbeda dengan advertiser luar yang berani membayar mahal iklan atau promosi mereka.

Penggunaan bahasa Inggris diblog bahwasanya sangat baik untuk berbisnis online atau menghasilkan uang dari blog atau web sangat baik sebab ibarat yang saya sebutkan daiatas bahwa para advertiser dari luar berani membayar mahal atas promosi yang mereka lakukan, namun sulitnya yaitu mendapat pengunjung sebab keyword untuk bahasa Inggris mempunyai persaingan sangat sengit sebab maklum saja ratusan ribu bahkan jutaan web atau blog berbahasa Inggris diluar sana.

Pakai Bahasa Indonesia Atau Inggris?
Perbedaan bahasa konten bukan hanya besar lengan berkuasa pada jangkauan audience, tetapi juga akan menyisakan perbedaan pada sisi yang lain, dua diantaranya yaitu:

Tingkat Persaingan
Jika Anda ngeblog memakai bahasa Indonesia dimana visitor blog hanya tiba dari beberapa negara sebagaimana dijelaskan diatas, maka tingkat persaingan untuk menduduki peringkat terbaik di hasil pencarian mesin pencari relatif mudah. Wacana ini dikarenakan tingkat persaingan relatif longgar. Berbeda dengan konten blog berbahasa Inggris yang notabene merupakan bahasa dunia, maka tingkat persaingan yang akan Anda hadapi menjadi lebih sulit. Terlepas dari faktor persaingan keyword, kalau Anda hanya membutuhkan 3-4 bulan untuk mengoptimasi blog berbahasa Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk proses meningkatkan secara optimal blog berbahasa Inggris.

Monetisasi Blog
Apabila tujuan Anda blogging untuk mencari penghasilan online, maka terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara blog bahasa Indonesia dengan blog bahasa Inggris sebagai media penghasil uang secara online. Blog berbahasa Inggris lebih gampang di monetisasi. Blog berbahasa Inggris punya jangkauan pengunjung dari banyak sekali negara sehingga hal ini membuka lebih banyak ruang bagi blog tersebut untuk di monetisasi. Selain lebih gampang dimonetisasi, bagi Anda yang bermain di Pay Per Click (PPC), harga klik iklan blog bahasa Inggris juga jauh lebih mahal dibandingkan blog yang memakai bahasa Indonesia. Bahakan dari pengalaman saya sendiri saya pernah mendapat klik seharga 500 ribu kalau dikurs rupiah untuk blog berbahasa Inggris, dan untuk blog berbahasa Indonesia saya pernah mendapat per klik harga paling tinggi yang pernah saya sanggup 50 ribu rupiah.

Nah dilihat dari pengalaman saya diatas sanggup disimpulkan bahwa penggunaan bahasa inggris akan sangat baik untuk monetize blog anda, namun anda harus berakal dalam menciptakan konten berbahasa Inggris yang baik dan benar sesuai Grammar, menentukan keyword, penerapan SEO, peningkatan jumlah pengunjung untuk menghasilkan uang dari blog anda tidak peduli cara apapun untuk menghasilkan uang dari blog atau web anda, semakin besar jumlah pengunjung semakin besar peluang anda menghasilkan uang.

Namun anda juga dihentikan menyepelekan blog berbahasa indonesia, banyak juga blog atau web yang sukses mendapat jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta tiap bulan dari blog berbahasa Indonesia. Yang terpenting anda bisa mengelola blog anda dengan lebih baik, hindari plagiat, copy paste, mencuri artikel sehingga kualitas artikel baik. Ditambah anda rajin update konten artikel maka tidak tidak mungkin anda juga bisa sukses menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonsesia.

Komentar

Postingan Populer